Headlines News :
Home » » Mengatasi Low Internal Memory Space Dengan Menghapus Dalvik Cache

Mengatasi Low Internal Memory Space Dengan Menghapus Dalvik Cache

Written By Unknown on Minggu, 09 Juni 2013 | 19.43

Namun ada sedikit hal yang harus anda tahu. Salah satu pembahasan yang umum kita jumpai di Forum dan Blog yang berhubungan dengan Android adalah Dalvik Cache. Apa itu Dalvik Cache? Apa istimewanya Dalvik Cache? Mengapa Dalvik Cache begitu penting? Dalvik Cache adalah temporary space (ruang kosong sementara) yang digunakan oleh mesin virtual Java untuk menjalankan aplikasi Android.

Seiring berjalannya waktu space yang digunakan Dalvik Cache akan terus meningkat dan terus mengisi space kosong internal memory. Itulah salah satu penyebab memory internal mengalami Low Internal Memory Space.
Ketika Dalvik Cache ini dihapus sepenuhnya dari memory, perangkat direboot, system akan membutuhkan waktu untuk booting perangkat. Biasanya tertulis "Android is upgrading" diikuti counter berapa banyak aplikasi yang di-optimizing. Rata-rata hal tersebut terjadi di android versi ICS keatas.
Anda tidak perlu khawatir android anda akan rusak karena waktu upgrading tersebut adalah waktu yang dihabiskan untuk regenerasi cache dengan aplikasi yang telah diinstall. Setelah upgrading selesai memory internal anda akan bertambah banyak, karena dari waktu ke waktu Dalvik Cache membengkak dan kini Dalvik Cache sudah diregenerasi. Masalah Low Internal Memory Space pun terselesaikan.
 
Cara Menghapus Dalvik Cache Secara Manual

Cara pertama untuk menghapus Dalvik Cache yaitu dengan metode manual. Hal ini cukup mudah dilakukan, jika Anda telah menginstal Android SDK (atau menggunakan aplikasi Terminal Emulator pada Android), buka ADB Shell / Terminal Emulator dan jalankan perintah rm-r /data/Dalvik-cache/* setelah itu selesai reboot ponsel anda.
 
Cara Menghapus Dalvik Cache Melalui Bantuan Aplikasi

Ada banyak aplikasi di Google Play Store yang menawarkan fitur penghapusan Dalvik Cache. Salah satunya yang paling terkenal, namanya Andromizer. Cara menghapus Dalvik Cache cukup pada Remove Dalvik Cache klik OK dan secara otomatis terminal akan mereboot ponsel android anda.

Selain Andromizer, Titanium Backup juga memungkinkan Anda menghapus Dalvik Cache (khusus Titanium Backup PRO).

Cara Menghapus Dalvik Cache Melalui CWM Revocery

Cara lain yang masih tergolong mudah untuk menghapus Dalvik Cache yaitu melalui Recovery (CWM). Didalam CWM Recovery terdapat pilihan untuk menghapus Dalvik Cache. Caranya anda cukup masuk ke CWM, pilih Advanced lalu klik Wipe Dalvik Cache. Sesudah itu reboot.
Saya sering menggunakan cara terakhir ini. Terakhir tadi malam saya menghapus Dalvik Cache melalui CWM Recovery. Karena saya tidak begitu telaten menginstall aplikasi asing ditambah lagi menggunakan Terminal Emulator. Paling-paling menggunakan Terminal Emulator hanya untuk keperluan tertentu saja.
Semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Passeo Blind - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger